Reformasi Birokrasi Dalam Rangka Good Governance (Review Buku karya Dr. Asmawi Rewansyah MSc


Perkembangan dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia terus berlangsung, mencakup didalamnya pengelolaan sistem, struktur dan tata kelola pemerintahan. Bagaimana roda pemerintahan dijalankan dengan struktur berikut dengan mekanismenya tentu saja mencakup birokrasi yang dijalankan.

Fenomena dalam abad ke 21 memang menuntur perlunya reformasi administrasi publik, terutama yang menyangkut perubahan perilaku manusia Indonesia, baik manusia yang melakukan administrasi publik dalam kapasitas konstektualnya sebagai penyelenggara negara dan sebagai pelayan public (public servant), maupun sebagai warga negara yang memperoleh layanan dan pemberi mandat kepada penyelenggara negara.

Tak ketinggalan, birokrasi pun turut mengalami dinamikanya, dengan segala proses reformasi birokrasi yang harus dijalankan sebagai bagian dari reformasi yang masif diimplementasikan di Indonesia disetiap aspek dan lini tata kelola pemerintahan. Apalagi penerapan tata kelola yang baik (good governance) perlu terus ditingkatkan, pun pada pemerintahan.

Pembangunan aparatur negara sebagai pihak yang menjalankan roda pemerintahan perlu dilakukan melalui program reformasi birokrasi yang dimaksudkan untuk merealisasikan tata kelola pemerintahan yang baik. Reformasi birokrasi ini tentu saja bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah dan dapat dilaksanakan dalam waktu yang singkat. Reformasi birokrasi akan berhasil apabila memenuhi persyaratan 4C yakni Conceptual, Capable, Connection dan Commitment serta diikuti dengan tindakan nyata untuk mengubah sikap, perilaku dan budaya atau kultur birokrasi pemerintahan.

Menarik disimak ulasan mengenai reformasi birokrasi ini dalam sebuah buku yang baru saja selesai saya baca, “Reformasi Birokrasi Dalam Rangka Good Governance” yang ditulis oleh Dr. Asmawi Rewansyah Msc. Buku tersebut, dalam perspektif saya cukup komprehensif karena multidisipliner dan interdisipliner, dengan memadukan berbagai pendekatan yakni politik, administrasi publik, teori organisasi dan manajemen pemerintahan. Buku ini juga memadukan berbagai kajian teoritis dan empiris, pengalaman, percobaan dan juga analisa yang kritis.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s