Jokowi Sebagai Personal Brand


personal-brand

Tak dapat dipungkiri bahwa Joko Widodo merupakan salah satu politisi, pejabat publik dan tokoh publik yang populer saat ini. Joko Widodo juga seringkali dipanggil Jokowi. Tulisan ini mencoba membahas personal brand Jokowi yang melekat pada Joko Widodo dengan menggunakan perspektif pendekatan teori-teori dan ilmu komunikasi, khususnya pada branding.

Personal Branding

Sebelum melakukan pembahasan pada brand Jokowi, mari kita bahas apa itu personal branding. Beberapa definisi personal branding salah satunya menyebutkan bahwa Personal Branding adalah sebuah seni dalam menarik dan memelihara lebih banyak klien dengan cara membentuk persepsi publik secara aktif. (Montoya, 2006). Selain itu personal branding merupakan sebuah pencitraan pribadi yang mewakili serangkaian keahlian, suatu ide cemerlang, sebuah sistem kepercayaan, dan persamaan nilai yang dianggap menarik oleh orang lain. Personal Branding adalah segala sesuatu yang ada pada diri anda yang membedakan dan menjual, seperti pesan anda, pembawaan diri dan taktik pemasaran. (Kupta).

Brand

suatu nama, simbol, tanda, desain atau gabungan di antaranya untuk dipakai sebagai identitas suatu perorangan, organisasi atau perusahaan pada barang dan jasa yang dimiliki untuk membedakan dengan produk jasa lainnya. Merek yang kuat ditandai dengan dikenalnya suatu merek dalam masyarakat, asosiasi merek yang tinggi pada suatu produk, persepsi positif dari pasar dan kesetiaan konsumen terhadap merek yang tinggi.

Sejak kapan Joko Widodo mulai menggunakan nama ”Jokowi”? Saya hanya menemukan link ini sebagai salah satu referensi informasi tersebut.

Joko Widodo menggunakan nama panggilan “Jokowi” sejak tahun 1998, dimana nama Jokowi didapatkan dari seorang pelanggan mebel asal negara Prancis.

Dalam buku “JOKOWI, Pemimpin Rakyat Berjiwa Rocker,” karya Yon Thayrun dijelaskan, nama Jokowi didapatkan dari salah seorang pelanggan mebelnya asal negara Prancis. Namun, dalam buku ini siapa sebenarnya pencetus nama Jokowi asal Prancis itu.

Sebelum menggunakan nama Jokowi, penggemar musik rock itu kerap dipanggil Joko. Sang pelanggan asal Prancis pun lama-lama mengeluhkan nama Joko, karena sudah banyak orang menggunakan nama itu.

Dijelaskan bahwa si pelanggan sering salah kirim surat, sebagai contoh surat untuk manajer pabrik mabel di Jepara, malah sampai di meja kerja Jokowi. Tak hanya itu, salah seorang pegawai sang pelanggan yang hendak mengirimkan faksimili ke Joko yang berada di Surabaya, justru nyasar ke pabrik Jokowi di Solo.

“Mulai saat itu pelanggan asal Prancis tersebut memanggil saya dengan nama Jokowi, untuk membedakan dengan Joko-Joko yang lain,” katanya.

Jokowi sebagai brand

Yang menarik dari penggunaan nama Jokowi sebagai brand dari Joko Widodo adalah fakta bahwa ternyata kata “Jokowi” di google lebih banyak dicari daripada kata “Joko Widodo”. Ini menandakan bahwa brand Jokowi lebih populer daripada orangnya itu sendiri. Di Google ditemukan kata “Jokowi” sebanyak 26,5 juta kali, jauh lebih banyak daripada kata “Joko Widodo” sebanyak 11,4 juta kali. Silahkan cek kalau tidak percaya.
Dalam perspektif komunikasi, menentukan nama brand ada beberapa kriterianya, diantaranya mudah diingat, memiliki keunikan, mudah diucapkan. Kriteria tersebut menurut saya telah dipenuhi oleh nama “Jokowi” sebagai sebuah brand.

Mudah Diingat dan Mudah Diucapkan

Nama Jokowi tentu akan lebih mudah diingat ketimbang nama Joko Widodo. Nama Jokowi mudah diingat karena hanya terdiri dari 3 suku kata yakni, jo, ko dan wi.

Memiliki keunikan

Kenapa joko-wi, kenapa bukan JW (singkatan dari Joko Widodo). Yang pasti menurut saya, entah karena sengaja atau tidak disengaja (diberikan oleh pelanggannya dari Prancis) penggunaan nama Jokowi menurut saya sangat baik dilihat dari perspektif komunikasi. Nama Jokowi memiliki keunikan tersendiri dan menjadi pembeda dengan nama Joko – Joko yang lain.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

One thought on “Jokowi Sebagai Personal Brand

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s