Layouter Dan Designer, Pahlawan Annual Report Tanpa Tanda Jasa


web-designing-250x250

Bicara soal Annual Report, lazimnya pasti yang diagung-agungkan adalah penulisnya ketimbang designer ataupun layouter Annual Report. Wajar, mengingat Annual Report Award adalah kompetisi yang melakukan penilaian terhadap kualitas keterbukaan informasi yang disajikan dalam Laporan Tahunan sebuah perusahaan. Yang lebih ditonjolkan memang adalah isinya, dengan kriteria-kriteria yang harus disampaikan dengan rincian indikator yang puluhan jumlahnya.

Memang jika kita lihat belakangan ini, unsur design kian mendapatkan perhatian penting dalam penyusunan Annual Report dan tampilan Annual Report belakangan juga semakin menarik dengan tampilan design yang menarik. Namun design jelas tidak diperhitungkan dalam kriteria ARA. Sebagai seorang yang sudah menulis Annual Report dari sejak tahun 2007, saya berpendapat bahwa design, kendati tidak diperhitungkan sebagai poin dalam Annual Report Award, tetaplah penting.

Coba bayangkan jika isi Annual Report perusahaan anda ratusan halaman dan berisi dengan barisan teks semua, siapa yang mau baca?  Saya saja yang sudah melotok dalam menulis Annual Report, kadang suka menjemukan melihat barisan teks yang begitu ampuh untuk membuat anda mengantuk. Disinilah pentingnya unsur design menurut saya, design dan layout yang menarik akan meningkatkan keterbacaan Annual Report perusahaan anda. Satu trik penting lainnya adalah maksimalkan design dan layout anda untuk menampilkan informasi-informasi penting agar para juri Annual Report Award mudah menilai kualitas keterbukaan informasi yang disajikan dalam Annual Report Award anda.

Aspek design, selain harus menarik, juga harus tetap sesuai dengan corporate identity perusahaan anda. Jadi memang mendesign dan melayout tampilan Annual Report sebuah perusahaan tidak bisa sembarangan.

Saya cukup beruntung dalam beberapa kesempatan terakhir bertandem dengan beberapa designer yang tangguh-tangguh. Mereka memiliki apa yang saya sebut sebagai Last Minute Stamina. Annual Report Bank DKI yang 2 kali berturut-turut menjadi juara ARA kategori BUMD Listed, yang jumlah halamannya pasti diatas 400 halaman membutuhkan tidak hanya ketelitian dari penulis ataupun tim internal, tetapi juga membutuhkan kesiapan fisik, mental dan kreativitas seorang designer dan layouter.

Bekerja dengan adobe indesign, jelas berbeda dengan mengetik di word, coba bayangkan apabila ada perubahan naskah sedikit saja, dapat merubah layout pada halaman-halaman berikutnya. Apalagi passion saya dalam mengerjakan Annual Report dapat dibilang kelewat batas, ditambah lagi taste saya yang sangat perfeksionis, membuat saya sering kali “bawel” dan “cerewet” dalam mendrive dan membrief seorang designer dan layouter.

Dibalik sebuah Annual Report yang berkualitas, dibalik gelaran Annual Report Award cobalah ingat, bahwa selain penulis Annual Report yang mumpuni, ada designer-designer dan layouter yang sembab matanya karena begadang menyelesaikan Annual Report.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s