IT, Tidak Hanya Sekedar Software dan Hardware Saja


Information Technology Concept

Bicara tentang Informasi Teknologi yang kian hari makin berkembang dengan segala kemajuannya, perlu dibarengi dengan pemahaman yang baik dari manusianya sendiri. Sejatinya, dunia informasi teknologi tidak hanya terkait dengan hardware dan software semata. Brainware tidaklah boleh diabaikan. Kira-kira begitulah perbincangan singkat saya dengan Rakhman Sulistyanto, salah satu pakar Informasi Teknologi di kantor saya.

Hardware atau perangkat/piranti keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat dan alatnya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi/ informasi teknologi. Sedangkan software perangkat/ piranti lunak adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah.

Software dan Hardware memang dua hal utama yang penting untuk teknologi informasi, keduanya harus saling mendukung. Jika perusahaan anda melakukan pengadaan di bidang software dan hardware secara terpisah, ada baiknya melakukan sinkronisasi kebutuhan spesifikasi hardware untuk keperluan software, sehingga begitu software di install/ dipasang, hardwarenya mendukung.

Selain kedua hal tersebut, ada banyak hal-hal lain yang perlu dipersiapkan, utamanya kepada manusia yang akan menjalankan software dan mengelola hardware, atau ini yang lazimnya kita sebut sebagai brainware.

Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer/ sistem pengolahan data/ informasi teknologi. Sistem yang dibangun secanggih apapun jika tidak dikelola dengan baik, akan percuma. Menurut tingkat pemanfaatan terhadap komputer / informasi teknologi,  Brainware digolongkan dalam empat tingkatan dimulai dari tingkatan yang tertinggi mulai dari sistem analis sebagai penanggung jawab dan perencana sistem teknologi informasi, programmer yang mempersiapkan program, administrator yang mengelola sistem operasi dan program-program yang berjalan, hingga pada tingkatan paling rendah yakni operator yang hanya menjalankan dan mempergunakan sistem.

Dalam pengadaan software dan hardware, yang terbaik adalah dilengkapi dengan peningkatan kapasitas brainware, atau dalam hal ini dapat dilengkapi dengan pemberian pelatihan atau melaksanakan sosialisasi kepada yang melakukan pengadaan software dan hardware.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s