Ini Kata Para CEO Ternama Tentang Penerapan GCG


Good Corporate Governance

Sejumlah CEO yang perusahaannya memiliki kinerja cemerlang dan menjadi yang terdepan di bidang industri menuturkan pendapatnya tentang penerapan tata kelola perusahaan yang baik sebagaimana dilansir dalam Majalah SWA Edisi no. 27 tahun XXIX (19 Desember 2013 – 8 Januari 2014). Apa saja kata mereka mengenai GCG?

Djoko Pranoto – CEO United Tractors

Dengan berkomitmen pada GCG, kami memperoleh kepercayaan dari pelanggan, pemasok, principal, investor, dan regulator terhadap bisnis yang kami jalankan termasuk rencana ekspansi. Contoh, kami dapat menjalankan rights issue ketiga pada 2011 dengan baik. Tantangan kami adalah perkembangan perusahaan yang begitu pesat, termasuk hadirnya anak cucu perusahaan, yang semuanya harus tetap up-to-date dengan praktik GCG terkini.

Tato Miraza – Direktur Utama Aneka Tambang

Kami yakin jika perusahaan dikelola dengan baik dan amanah, maka akan kompetitif, high return dan sustainable growth. Nilai tambah ini pada akhirnya akan melahirkan happy management, happy owner dan happy community. Visi Antam tahun 2020 adalah menjadi korporasi global berbasis pertambahan dengan pertumbuhan sehat dan berstandar kelas dunia.

Emirsyah Satar – Direktur Utama Garuda Indonesia

Garuda Indonesia telah merancang program pengelolaan pengetahuan dengan mengintegrasikan konsep dan prinsiop GCG yang ditujuan untuk membekali karyawan dengan pengetahuan yang dibutuhkan dalam kegiatan bekerjanya. Implementasi kegiatan pelatihan dikelola oleh Unit Learning & Development, sedangkan implementasi program knowledge management dilakukan di masing-masing unit dengan motor penggerak Unit Learning & Development.

Sofyan Basir – Direktur Utama Bank BRI

Direksi menyampaikan kepada seluruh karyawan bahwa bank ini milik kalian. Jangan biarkan ada satu drakula pun yang mengisap dan mencekik kalian, anak istri kalian. Karena, begitu ada kerugian di cabang karena fraud, penilaian cabang akan dorp, reward akan drop, kalian hanya akan mendapat bonus yang biasa. Kami dengungkan kepada mereka mereka harus kontrol lingkungan sendiri. Jika ada satu rupiah saja hilang, kami akan cari. Tidak kurang dari 50 orang kami penjarakan setiap tahun. Kami tidak takut dengan risiko reputasi karena ini bisa memberikan efek jera. Ini, Alhamdulillah sukses.

Arwin Rasyid – CEO CIMB Niaga

Bagi CIMB Niaga, penerapan GCG lebih dari sekedar upaya kepatuhan yang berlaku, melainkan telah menjadi suatu kesadaran dan inisiatif perusahaan untuk memberikan nilai tambah bagi perusahaan dengan tetap mempertahankan kepercayaan seluruh elemen terkait.

Djoko Hastowo – Direktur Utama Indonesia Power

GCG lebih berpengaruh pada trust atau kepercayaan dari stakeholder kepada Indonesia Power. Menurut saya, pelaksanaan GCG di Indonesia Power sudah bagus, tetapi masih perlu di sempurnakan. Dan ini perlu komitmen terus menerus, jangan sampai kendor. Komitmen itu harus dari level puncak lalu turun ke bawah.

Karen Agustiawan – Direktur Utama Pertamina

Untuk memastikan tidak adanya dominasi dan intervensi, serta mampu mengelola konflik kepentingan dalam mengelola bidang usaha perusahaan, dilakukan penandatanganan pernyataan oleh setiap anggota Dewan Komisaris dan anggota Direksi yang diperbaharui setiap tahun. Bagi para pekerja, diberlakukan pelaporan pernyataan melalui Compliance Online System.

Maryono – Direktur Utama Bank BTN

BTN menyadari bahwa GCG adalah kunci sukses untuk meraih keunggulan jangka panjang. Bagi kami GCG bukan penghalang atau kendala, tetapi merupakan tuntutan profesionalisme dan hati nurani kami, sehingga nantinya bisa dijadikan sebagai suatu keunggulan. Dengan pendekatan Smart Strategy for 360 Degree GCG Framework with Ballanced Scorecard Approach, menjadikan BTN merih kinerja sangat baik, iklim kerja yang baik, rating GCG sangat baik dan berbagai penilaian pihak eksternal sangat baik.

Adityawarman – Direktur Utama Jasa Marga

Kami ingin dapat menjadi contoh bagi seluruh karyawan. Jika kami dapat menjadi contoh, kami yakin hambatannya tidak besar karena kami memiliki komitmen. Mereka bisa melihat, mereka mudah mendapatkan informasi. Jika kami konsisten, harapan kami mereka bisa mengikuti apa yang kami lakukan. Secara formal, meamng ada pakta integritas, tetapi mereka perlu melihat contoh.

Bagaimana dengan perusahaan anda?

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

One thought on “Ini Kata Para CEO Ternama Tentang Penerapan GCG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s