Apa Manfaat Penghargaan Bagi Sebuah Perusahaan?


Award

Satu dasawarsa ini pelaksanaan ajang pemberian penghargaan kepada perusahaan semakin marak dilaksanakan. Penghargaan yang diberikan pun begitu variatif dengan mencakup berbagai bidang seperti bidang marketing, kualitas pelayanan, kinerja keuangan, dan juga mencakup penerapan tata kelola perusahaan. Beberapa penghargaan mengenai good corporate governance sangat bergengsi.

Instansi-instansi independen, lembaga penilai pun berlomba-lomba menaikkan gengsi penghargaan yang digelarnya. Metode yang dipergunakan untuk melakukan penilaian terhadap perusahaan pun beragam, ada yang melakukan observasi atau pengamatan terhadap dokumen-dokumen perusahaan seperti laporan keuangan, laporan tahunan. Ada yang melakukan survey, kuesioner ataupun perusahaan-perusahaan diwajibkan mengisi makalah. Ada yang melakukan wawancara terhadap manajemen perusahaan. Bahkan ada yang sampai melakukan survey kepada konsumen ataupun mitra kerja perusahaan.

Ajang penghargaan mana yang harus diikuti oleh perusahaan? Dan apa sebenarnya manfaat yang bisa didapat oleh Perusahaan ketika mendapatkan penghargaan?

Meningkatkan Corporate Image

Betul memang tidak semua ajang penghargaan harus diikuti dan harus diterima oleh sebuah Perusahaan. Tentu saja Manajemen Perusahaan harus dapat memilah penghargaan-penghargaan mana saja yang kredibel dan bonafid, utamanya yang diselenggarakan oleh lembaga yang independen, kredibel dan bonafid. Dengan mendapatkan penghargaan yang kredibel, diharapkan dapat meningkatkan corporate image dari sebuah perusahaan.

Para praktisi corporate communication dan public relations tentunya harus menyadari hal ini. Mengkomunikasikan secara masif penghargaan yang diberikan oleh instansi/lembaga yang tidak bonafid tentu saja tidak akan berdampak apa-apa dan malah menghabiskan anggaran komunikasi dan promosi perusahaan anda.

Satu hal yang menjadi perdebatan kecil, adalah mengenai berpartisipasi sebagai sponsorship pada ajang award yang perusahaan anda sedang dinominasikan untuk mendapatkan salah satu penghargaannya. Sebenarnya memberikan sponsorship bukanlah suatu keharusan namun bukan berarti tidak sama sekali. Hal ini tentu saja tergantung dari kebijakan Manajemen. Misalkan perusahaan anda kinerja keuangannya sedang menurun dan kemudian perusahaan anda memberikan sponsor kepada sebuah ajang penghargaan bergengsi lantas meminta perusahaan anda untuk mendapatkan award? Nah, hal inilah yang tidak baik dan dapat berakibat backfire untuk reputasi perusahaan anda. Lagipula, penghargaan yang kredibel, mampu memberikan penilaian yang objektif, terlepas dari perusahaan anda mendapatkan penghargaan ataupun tidak.

Mendapatkan Masukan

Berpartisipasi dalam sebuah penghargaan, tidak hanya memberikan manfaat meningkatkan corporate image dari perusahaan anda saja. Akan tetapi melalui partisipasi dalam suatu ajang penghargaan, perusahaan kita memiliki manfaat yang lebih besar, yakni mendapatkan pengukuran terhadap apa yang sudah dilakukan oleh perusahaan kita dan bisa mendapatkan masukan-masukan berharga yang dapat diimplementasikan untuk perbaikan dan kemajuan perusahaan kita.

Penghargaan yang diberikan kepada suatu perusahaan pun dengan sendirinya akan memberikan masukan kepada konsumen, dan juga pihak-pihak yang terkait dengan perusahaan anda untuk mendapatkan gambaran tentang apa yang dilakukan oleh perusahaan anda. Yang terpenting adalah tetaplah fokus pada arah dan kebijakan strategis yang telah ditetapkan perusahaan anda, layani konsumen anda dengan baik, terapkan tata kelola yang baik, dengan sendirinya kinerja perusahaan anda akan meningkat, dan penghargaan akan berdatangan kepada perusahaan anda.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s