Ini Dia Ajang-Ajang Bergengsi Good Corporate Governance !


Tata Kelola Perusahaan 2

Berbagai ajang untuk menilai penerapan tata kelola perusahaan acapkali dilaksanakan oleh berbagai instansi, dari kementerian, regulator sampai kepada tingkat media massa. Perusahaan yang berkomitmen terhadap penerapan tata kelola perusahaan berbondong-bondong menguji diri untuk mengukur sudah sejauh mana tata kelola perusahaan diterapkan dengan sungguh-sungguh, mulai dari sesama peer di industrinya, pada tingkat nasional hingga tingkat dunia. Ada yang menilai GCG secara keseluruhan, ada yang menilai aspek tertentu saja secara detail. Mendapatkan penghargaan GCG sudah pasti meningkatkan image, Berikut sejumlah penghargaan-penghargaan terkait GCG yang memiliki kredibilitas tinggi.

ANNUAL REPORT AWARD

Annual Report Award merupakan kompetisi tahunan yang melakukan penilaian terhadap kualitas penyajian informasi dalam Annual Report sebuah perusahaan. Annual Report Awards diselenggarakan oleh BAPEPAM-LK, Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian BUMN, Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia, Komite Nasional Kebijakan Governance, dan Ikatan Akuntan Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan. Terdiri dari 10 kategori yang meliputi :
BUMN Keuangan Listed
BUMN Keuangan Non Listed
BUMN Non Keuangan Listed
BUMN Non Keuangan Non Listed
Private Keuangan Listed
Private Keuangan Non Listed
Private Non Keuangan Listed
Private Non Keuangan Non Listed
BUMD Listed
BUMD Non Listed
Juara Umum

INDONESIA MOST TRUSTED COMPANIES AWARD

Penghargaan yang melakukan penilaian terhadap penerapan tata kelola perusahaan dengan menggunakan Corporate Governance Perception Index yang diselenggarakan oleh Indonesian Institute Corporate Governance dan Majalah SWA. Penilaian meliputi empat tahapan, yakni self assessment tata kelola perusahaan, kelengkapan dokumen, makalah dan observasi dan menghasilkan 3 kategori pemeringkatan yakni :
Sangat Terpercaya
Terpercaya
Cukup Terpercaya

INDONESIAN INSTITUTE FOR CORPORATE DIRECTORSHIP CORPORATE GOVERNANCE CONFERENCE AND AWARD

Ajang IICD Corporate Governance Conference and Award ini sesuai namanya diselenggarakan oleh Indonesian Institute Corporate Directorship yang melakukan penilaian kepada Perusahaan Terbuka atau yang sudah listed di Bursa. Melakukan penilaian tata kelola perusahaan dengan mengacu kepada Asean Corporate Governance Score Card. Terdiri dari 9 kategori yang meliputi :
Best Overall
Best Financial Sector
Best Non Financial Sector
Best Stated Owned Enterprise
Best Responsibility of The Boards
Disclosure and Transparency
Best Equitable Treatment of Stakeholders
Best Right of Shareholders
Best Role of Stakeholders

INDONESIA SUSTANAIBILITY REPORTING AWARD

Serupa dengan ajang Annual Report Award, kompetisi yang biasa disingkat ISRA ini diselenggarakan oleh National Center for Sustainability Reporting. Ajang merupakan ajang yang melakukan penilaian terhadap Sustainability Report atau Laporan Berkelanjutan dan turut melibatkan perusahaan-perusahaan di Asia Tenggara dan terbagi menjadi 2 kategori yakni Kelompok A” yang terdiri dari perusahaan yang telah membuat laporan lebih dari 3 tahun dan “Kelompok B” yang berisi perusahaan dengan laporan kurang dari tiga tahun. Masing-masing kelompok dibagi menjadi beberapa kategori yaitu Kategori Jasa, Sumber Daya Alam dan Manufaktur

ANUGERAH PERBANKAN INDONESIA  (BEST IN GOOD CORPORATE GOVERNANCE, RISK MANAGEMENT DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY)

Anugerah Perbankan Indonesia Tahun 2013 ini merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan tertinggi kepada bank-bank di Indonesia, baik bank BUMN, Bank Syariah maupun Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang telah dinilai berhasil meningkatkan kontribusi yang signifikan bagi pengembangan bisnis, pasar modal, investasi dan perekonomian di Indonesia yang salah satu kategorinya adalah Best Bank in Good Corporate Governance, Best Bank In Risk Management dan juga Corporate Social Responsibility.

SOEGENG SARJADI AWARD

Ajang penghargaan yang di selenggarakan oleh Soegeng Sarjadi School of Government. Terdiri dari berbagai kategori yang salah satunya adalah penerapan tata kelola perusahaan.

ANUGERAH CGA ANNUAL RECOGNITION AWARD (ICON PENERAPAN GCG TERBAIK DI ASIA)

Merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang dinilai terbaik dalam menerapkan GCG, etika bisnis, CSR, lingkungan kerja dan kinerja perusahaan. yang diselenggarakan oleh Jurnal Corporate Governance Asian, sebuah Jurnal yang mempublikasikan berita dan analisa tentang penerapan tata kelola perusahaan, kinerja manajemen perusahaan dan aktivitas pemegang saham. Penghargaan diberikan atas dasar survei kepada lebih dari 12.000 korporasi dari 15 negara di Asia sebagai responden, belum termasuk 120 korporasi lainnya dari kawasan Amerika dan Eropa. Seluruh responden yang memberikan pendapat dalam survei ini, merupakan korporasi-korporasi di industri keuangan seperti investor, analis dan manajer keuangan. Beberapa kategori yang diperlombakan adalah:
Asia’s Icon on Corporate Governance
Asia’s Outstanding Company on Corporate Governance

ALPHA SOUTHEAST ASIA’S INSTITUTIONAL INVESTOR CORPORATE AWARDS

Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil survey oleh Alpha Southeast Asia Magazine terhadap perusahaan-perusahaan yang menerapkan praktek Good Corporate Governance di wilayah Asia dengan responden antara lain para investor, dana pensiun,  hedge funds, broker saham dan obligasi, dan para analis. Alpha Southeast Asia merupakan majalah bulanan di bidang investasi dengan fokus bidang perbankan dan pasar modal, yang diterbitkan untuk perusahaan investasi, asset dan perusahaan pengelolaan dana di Hongkong, Singapura, wilayah Asia lainnya, Amerika, Eropa dan Timur Tengah.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s