Good Corporate Governance dan Knowledge Management


Knowledge Management

Pengetahuan pada dasarnya merupakan hasil pengamatan dan perbuatan manusia untuk memahami suatu objek tertentu. Memang begitu banyak definisi terhadap pengetahuan yang bisa kita jadikan sebagai dasar, tapi mari kita yakini bahwa pengetahuan dapat berwujud barang-barang, baik melalui indera maupun akal, dan dapat pula sebagai objek yang dipahami oleh manusia berbentuk ideal, atau yang bersangkutan dengan masalah kejiwaan atau dengan kata lain dapat di kategorikan menjadi dua wujud yakni Tacit knowledge adalah sesuatu yang diketahui, namun sulit untuk diungkapkan karena berada di dalam diri (otak) individu.

Sedangkan explicit knowledge adalah pengetahuan atau pengalaman yang sudah diuraikan secara lugas dan sistematis ke dalam sebuah media.
Dalam konteks pengelolaan perusahaan, pengetahuan dapat dan sudah seharusnya dipandang sebagai sumber daya perusahaan yang penting dan modal yang berpengaruh terhadap perusahaan. Pengetahuan telah menjadi sesuatu yang sangat menentukan, oleh karena itu perolehan dan pemanfaatannya perlu dikelola dengan baik dalam konteks peningkatan kinerja organisasi dan juga dalam upaya mencapai keunggulan kompetitif sebuah perusahaan.

Pengetahuan adalah sumber daya atau modal bagi perusahaan dapat saja hilang atau tidak dimanfaatkan, dan dianggap sebagai kehilangan investasi, karena pengetahuan diperoleh melalui pembelajaran dan pengalaman yang cukup panjang. Salah satu cara pengelolaan pengetahuan agar dapat dimanfaatkan oleh perusahaan adalah dengan menerapkan manajemen pengetahuan (knowledge management).

Kenapa Knowledge Management penting untuk perusahaan?

Setiap hari Manajer-Manajer diperusahaan disuguhi dengan banyak data dan berkelebihannya data-data menyebabkan knowledge management menjadi sangat penting. Apa pentingnya? Pada dasarnya knowledge management memiliki 3 manfaat utama. Yang pertama, knowledge management dapat meningkatkan kemampuan dalam memutuskan dimana. Yang kedua, knowledge management dapat membangun keinginan untuk selalu mengembangkan diri dimana budaya mengembangkan diri dapat menjadi budaya perusahaan. Dengan selalu ada keinginan untuk mengembangkan diri akan menimbulkan motivasi untuk selalu menelurkan inovasi.

Dan apa peranan Knowledge Management dalam penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik?

Dalam konteks tata kelola perusahaan, bagaimana kemampuan suatu perusahaan dalam melakukan serangkaian kegiatan pengelolaan pengetahuan untuk mendukung pertumbuhan usaha, akan memberikan hasil berupa nilai tambah perusahaan secara beretika dan bermartabat, serta berkesinambungan dalam jangka panjang.

GCG dalam perspektif pengetahuan merupakan kemampuan perusahaan melakukan serangkaian kegiatan pengelolaan pengetahuan untuk mengelola usaha melalui pembentukan struktur, mekanisme, dan hasil usaha dalam rangka menciptakan nilai tambah secara etika dan bermartabat. GCG dalam perspektif pengetahuan antara lain meliputi bagaimana perusahaan memperoleh pengetahuan dan bagaimana perusahaan memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki untuk meningkatkan kualitas pengelolaan perusahaan, berpartisipasi dan berkontribusi dalam menciptakan bisnis yang beretika, serta menciptakan nilai tambah.

Mengingat aktivitas operasional perusahaan tidak terlepas dari berbagai risiko dan pelaksanaannya sangat tergantung kepada peran organ perusahaan yang ada di dalam struktur tata kelola perusahaan, maka seluruh karyawan harus memiliki pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya penerapan GCG dalam operasional perusahaan serta mengimplementasikan prinsip-prinsip GCG tersebut secara konsisten dan berkesinambungan. Dengan pengetahuan yang dimiliki dapat memahami tugas dan tanggung jawab setiap organ perusahaan, manfaat implementasi GCG, kendala dan tantangan yang dihadapi serta memberikan pemahaman tata kelola perusahaan.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s