Membuka Usaha? Ayo !!!


Entrepreneur

Saya selalu senang ketika ada teman yang mengutarakan niatnya membuka usaha. Sekecil apapun usaha itu dimulai. Baik itu untuk sekedar mencari penghasilan tambahan atau malah menjadi penghasilan terbesar. Faktor utama yang terpenting ya keberanian memulai. Faktor-faktor lain saya kira akan terbuka dengan sendirinya jika ada keberanian. Fakta menyatakan bahwa sektor usaha riil/umkm lah yang menyelamatkan bangsa ini ditengah keterpurukan ekonomi. Ya para pengusaha lah yang menyelamatkan kita. Jadi kenapa tidak membuka usaha?

Jadi saya sangat antusias mendukung ketika beberapa orang sahabat mau membuka usaha. Sahabat saya, Andri Firmansyah misalnya, ia ingin membuka usaha kecil-kecilan onion stick. Awalnya ia cuma bawa iseng-iseng saja ke kantor untuk cemilan ada. Tapi ia tiba-tiba termotivasi untuk menjualnya. Ide-ide gila tentang pengembangan usahanya sudah keluar bahkan sebelum onion sticknya resmi beredar. Bahkan gara-gara diskusi kami berdua, tanpa disangka pesanan onion sticknya sudah mulai berdatangan. Tidak tanggung-tanggung 20 pesanan onion sticknya langsung berdatangan. Mungkin akhir pekan ini dia sibuk ngurusin pesanan orang-orang.

Lain halnya dengan Edi Hartono, sahabat saya di kantor. Sekedar info saja, Edi Hartono ini mantan atlet voli yang pernah bermain di proliga. Asli orang Cirebon dan sangat bangga dengan kuliner-kuliner dari daerahnya. Kebetulan usaha kuliner Cirebon inilah yang mau ia gagas. Ia cerita ke saya sudah mempersiapkan segalanya. Wah saya bangga sama kedua sahabat saya ini. Luar biasa!

Kedua kakak ipar saya, Kak Gilang dan Kak Ani juga sudah menjalankan usaha mereka, Zhifa hijab. Kedua wanita karir ini semangatnya luar biasa. Saya pun inisiatif dengan turut membantu memasarkannya di kantor. Tak sulit memasarkannya, hijab berkualitas didapuk dengan harga yang relatif rendah.

Membuka usaha, harus dimulai dengan keberanian dan dibesarkan lewat tekad dan komitmen. Keberanian itu jualah yang membuat saya dan sahabat saya, Arie Rinaldi ingin bermimpi dan membuat usaha skala besar. Ya mimpi menjadi besarlah yang akan membuat orang bergerak. Bukan hanya ingin biasa-biasa saja. Lagipula bukankah 9 dari 10 pintu rejeki adalah dengan berdagang?

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

One thought on “Membuka Usaha? Ayo !!!

Leave a Reply

